Dessert Khas Belgia yang Populer

Dessert Khas Belgia yang Populer – Setiap negara pasti memiliki makanan khas yang membuat orang yang datang berkunjung dapat merasakan makanan yang berbeda dengan makanan yang ada di Indonesia. Mungkin di Tanah Air, makanan dari Belgia belum begitu familiar. Padahal sebenernya ada pula yang dijual di Indonesia. Nah, sukses menyabet posisi juara ke-3 dalam ajang Piala Dunia 2018, setelah mengalahkan Inggris dengan skor 2-0.

Buat kamu suporter Belgia nih, udah tahu belum kalau ternyata Belgia punya banyak hidangan pencuci mulut, atau dessert yang lezat banget. Seperti beberapa dessert khasnya berikut ini. Baru dibayangin aja udah tahu bakalan seenak apa. Gak percaya?

Dessert Khas Belgia yang Populer

1. Belgian Waffle
Kamu pasti gak asing dengan makanan bernama waffle. Yap, makanan yang terbuat dari adonan tepung, telur dan susu ini memang sudah banyak dijual di mal-mal di seluruh Indonesia.

Bentuk, rasa dan teksturnya-pun bisa bermacam-macam. Nah, kalau biasanya kita membeli waffle dengan tekstur yang lembut dan empuk, lain lagi dengan waffle ala Belgia. Di sana, waffle dibuat lebih krispi namun tetap lembut di bagian dalamnya.

2. Snoep
Siapa yang suka permen? Kenalin nih permen asal Belgia, namanya Snoep atau biasa disebut juga Confiserie. Permen ini memiliki ukuran yang mungil dan berbentuk kerucut. Tekstur Snoep terbilang unik, yakni keras di luar saat digigit namun sangan lembut di dalam ketika dikunyah. Karena ukurannya yang kecil, mungkin sekali makan bisa ambil banyak sekalian ya, hehe.

3. Oliebollen
Kalau di Indonesia bisa dibilang mirip dengan kue sus basah yang digoreng. Oliebollen terbuat dari adonan tepung terigu, susu dan telur kemudian dimasak di atas panci lalu dicetak bulat-bulat baru kemudian digoreng. Konon katanya, makanan ini berasal dari Flanders dan merupakan pancake-nya orang Belgia.

Biasanya Oliebollen dihidangkan dengan tambahan topping seperti, keju, irisan bacon, kismis, manisan apeldan taburan gula bubuk.

Baca Juga  : 4 Dessert Terenak Asal Afrika

4. La Dame Blanche
Adakah yang bisa menolak kelezatan satu scoop es krim? Kalau kamu termasuk penggemar berat es krim, pasti pengen cobain dessert La Dame Blanche dari Belgia ini. Orang Belgia biasa menyajikan es krim di dalam gelas.

Nah, untuk La Dame Blanche ini, es krim yang digunakan adalah rasa vanilla, ditambah dengan whipped cream, manisan ceri, saus coklat dan mentega. Eh tapi, gimana ya rasanya es krim dicampur sama mentega?

5. Appelflap
Bisa dibilang kalau dessert yang terakhir ini, mirip sama apple pie yang biasa kita beli di mal. Namanya Appelflap, sesuai namanya dessert khas Belgia ini terbuat dari buat apel yang dibungkus dengan kulit pastry.

Gak cuma potongan daging apel aja lho, sebelum dibungkus dan dipanggang ditambahkan pula bubuk kayu manis, pasta almond dan irisan kismis.