Makanan Khas Jamaika Tidak Hanya Reggae

Makanan Khas Jamaika Tidak Hanya Reggae

makantambahan.com Beberapa artikel yang akan kami sajikan untuk anda kali ini ,bisa sangat membantu apabila anda ingin mencari informasi yang berikaitan mengenai Makanan Khas Jamaika Tidak Hanya Reggae. Dan dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang membahas dan mengulas mengenai Makanan Khas Jamaika Tidak Hanya Reggae

1. Jerk Chicken
Makanan ini dibuat dengan gaya memasak ala Jamaika, yaitu daging dimasak kering digosok atau direndam dengan campuran bumbu pedas dan rempah-rempah seperti daun pimento. Makanan ini diciptakan oleh Maroons yaitu orang asli Jamaika. biasanya makanan ini dihidangkan bersama roti dan kue Karibia, dan memiliki rasa tersendiri.

Jerk chicken merupakan makanan yang populer di Jamaika, anda bisa menemui menu makanan ini di berbagai restoran salah satunya di Murphy’s West End Restaurant yang berada di kota Negril, Jamaika.

2. Callaloo
Makanan khas Jamaika ini terbuat dari sayuran yang dimasak dengan bawang putih, tomat thyme, dan cabai bonnet scotch. Bagi kalian yang sangat menyukai sayuran, makanan ini akan sangat cocok dengan selera anda. Makanan ini biasanya dimakan bersama pisang hijau rebus saat sarapan.

Sayuran yang digunakan dalam memasak callaloo berupa sayuran hijau seperti Amaranth, bentuknya mirip seperti bayam tetapi memiliki cita rasa yang lebih kuat.

3. Ackee dan Saltfish
Ackee adalah sejenis buah lokal yang masih satu keluarga dengan leci. Menu makanan ini dimasak dengan di tumis bersama buah ackee dan saltfish (ikan kod) lalu dibumbui dengan bawang, cabai scotch bonnet, tomat dan allspice. Biasanya makanan ini disajikan bersama pangsit, sukun goreng, ubi atau kentang.

Hidangan ini adalah hidangan nasional Jamaika yang disajikan sebagai makanan untuk sarapan pada hari sabtu-minggu atau acara-acara penting. Makanan ini memiliki cita rasa asin dan manis. Dalam memasak buah ackee, anda juga tidak boleh sembarangan karena apabila buah ackee dipetik sebelum matang, maka buah ackee bisa beracun.

4. Oxtail
Oxtail dikenal sebagai ekor sapi apabila di Indonesia. Makanan ini biasanya dimasak sebagai sup, atau dengan bumbu-bumbu yang berbeda. Di Jamaica menggunakan ekor sapi jantan yang dibumbui dengan perpaduan bumbu lokal dan rempah-rempah lalu digoreng kemudian dimasak di dalam pressure cooker hingga matang sempurna.

Oxtail Jamaica juga salah satu masakan yang berbahan dasar oxtail atau ekor sapi yang mirip dengan sop buntut di Indonesia. Bedanya adalah sop buntut ala Jamaika ini menambahkan kacang kara oncet atau kacang babi (vicia faba) yaitu kacang yang berukuran besar yang kaya akan protein, yang dimasak lama agar daging lebih empuk.

5. Kari Kambing Jamaika
Menu makanan ini berbahan dasar daging kambing, yang diberi racikan bumbu mereka sendiri untuk membuatnya unik. sebetulnya banyak negara-negara yang memiliki menu makanan ini seperti India, dan Mesir tetapi masing-masing negara memiliki racikan bumbu khas negara mereka sendiri.

Hidangan ini sangat populer di Jamaika dan banyak restoran di Jamaika yang menghidangkan menu ini. Sebetulnya kari merupakan makanan yang berasal dari Asia Selatan, dan disesuaikan dengan cita rasa yang khas oleh lidah orang Jamaika.

6. Sup Kacang Merah Jamaika
Sup kacang merah memang sering kita temui di beberapa negara, bahkan di Indonesia sendiri. Tetapi makanan khas Jamaika ini berbeda, karena memiliki cita rasa dan warna yang unik. Dengan bahan dasar sup ini adalah kacang merah, namun menggunakan bumbu dan bahan yang hampir sama dalam pembuatan sup lainnya.

Sup kacang merah cocok dihidangkan saat sedang hujan atau dingin, sup ini sangat mudah ditemukan di seluruh restoran Jamaika. Beberapa koki juga menambahkan kunir, agar memiliki cita rasa yang lebih lezat.

Baca Juga : Makanan Skotlandia Yang Enak Banget

7. Patty Jamaika
Patty Jamaika merupakan salah satu makanan pokok orang Jamaika saat makan siang. makanan satu ini diisi dengan daging sapi giling yang dicampur dengan cabai, kemudian ditutup dengan roti coco sebagai bagian dari makanan patty ini. Dijamin makanan yang satu ini akan cocok di lidah anda dan membuat ketagihan.

Patty Jamaika berbeda dengan patty versi Amerika yang menggunakan patty di tengah roti. Patty Jamaika sudah berkembang dengan banyak varian bahan dan rasa seiring berkembangnya zaman dengan menggunakan bahan-bahan seperti ayam, keju, udang, lobster bahkan kedelai.

8. Gizzada atau Grizzada
Makanan pencuci mulut ini terbilang unik dan memiliki rasa yang lezat dan disebut tart kelapa. Gizzada adalah makanan yang memiliki ukuran kecil yang terbuat dari tepung yang digoreng tipis lalu di tengahnya diisi dengan kelapa manis dan dibumbui dengan pala dan jahe. Gizzada juga disebut sebagai pinch-me-round.

Lebih tepatnya adalah gizzada merupakan kue tart yang berisi kombinasi dari kelapa, gula merah, kayu manis dan juga jahe. makanan ini sangat cocok bagi anda yang penggemar camilan manis.

9. Ikan Escovitch
Menu yang satu ini dapat menggugah selera makan anda, dengan bahan dasarnya adalah ikan, makanan ini dimasak menggunakan bahan-bahan seperti cuka, bawang, dan rempah-rempah dan juga disajikan dengan sayuran seperti wortel, bawang dan cabai. Makanan sejenis seafood ini biasanya dihidangkan saat perayaan hari Paskah.

Rempah-rempah yang berada di Jamaika, berasal dari orang Yahudi Spanyol yang tinggal di pulau itu hampir 500 tahun.

10. Manish Water
Makanan ini dibuat dengan kepala kambing dan juga kadang dicampur dengan babat dan kaki kambing lalu dimasak menggunakan bumbu-bumbu seperti bawang putih, daun bawang, pisang hijau, paprika dan skrotch. Bahkan beberapa penjual biasanya menambahkan rum putih. Manish water merupakan makanan yang berbentuk sup pedas.

Biasanya orang Jamaika menikmati semangkuk manish water sebelum meminum rum, makanan satu ini mudah didapat karena banyak warung pinggir jalan di Jamaika yang menjual menu makanan ini, biasanya juga manish water dihidangkan bersama ubi panggang.

Makanan Jamaika memiliki cita rasa dan ciri khas tersendiri yang disesuaikan dengan lidah orang lokal negaranya. Beberapa makanan diatas bisa menjadi referensi anda dalam memasak ataupun menjadi kuliner yang bisa anda cicipi apabila berkunjung ke negara Jamaika ini. Bagi orang muslim diharapkan berhati-hati dalam memilih menu makanan di Jamaika, karena khawatir mengandung bahan yang diharamkan.